Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pertumbuhan Seorang Anak



Salah satu kewajiban yang biasa dilakukan oleh seorang ibu yakni harus memperhatikan pertumbuhan si kecil walaupun masih di dalam kandungan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah pertumbuhannya berjalan dengan baik atau malah sebaliknya. Oleh karena itu sangat tepat jika kita selalu memantau tahap perkembangan anak dengan cara memeriksakan kondisi si kecil sejak masih dalam kandungan dengan tujuan supaya kita dapat mengetahui pertumbuhan si kecil dengan baik. Sebagai orang tua tentu saja kita berharap agar perkembangan anak kita berjalan dengan baik karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap masa depannya. Jika tumbuh kembangnya selama masih dalam kandungan sampai dengan proses kelahiran berjalan dengan baik, maka tentu saja hal tersebut akan membantu proses pertumbuhannya sampai menginjak dewasa.
Tahap perkembangan anak pada umumnya tidak sama, ada yang perkembangannya cepat namun ada pula yang tahap perkembangannya lambat. Semua hal tersebut sudah biasa dialami oleh semua anak dan sudah menjadi sesuatu yang lumrah terjadi. Namun meskipun hal tersebut merupakan hal yang sudah biasa, sebagai orang tua tentu saja kita menginginkan pertumbuhan anak kita berjalan dengan baik. Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan si kecil diantaranya :

  1. Faktor makanan
Makanan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak. Pemberian nutrisi yang cukup pada bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan memang harus kita perhatikan sebagai pendamping ASI. Pilihlah jenis makanan yang mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan  bayi seperti protein, vitamin, karbohidrat dan sebagainya.
  1. Faktor kesehatan

Tumbuh kembang seorang anak akan sangat dipengaruhi oleh faktor kesehatan. Tidak sedikit seorang anak yang pertumbuhannya terganggu karena faktor kesehatan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk selalu memperhatikan kesehatan si kecil baik itu selama masih dalam kandungan maupun disaat sudah lahir.
Beberapa faktor diatas sangat berpengaruh terhadap tahap perkembangan anak sejak masih dalam kandungan sampai anak tumbuh menjadi dewasa.
Previous
Next Post »