Macam Macam Scholarship Ke Luar Negeri

Macam Macam Scholarship Ke Luar Negeri

Mengenyam pendidikan di luar negeri banyak diimpikan orang. Yang dimaksud dengan pendidikan di luar negeri ini adalah kuliah di sebuah universitas ternama di dunia. Universitas yang dituju merupakan salah satu universitas yang dituju oleh berbagai bangsa di dunia. Dengan mengantongi ijazah dari luar negeri, pernah kuliah selama bertahun-tahun, dan bersaing dengan para wakil dari berbagai negara tentu memiliki kualitas tertentu. 

Minimal lebih luas wawasan, lebih banyak relasi dari berbagai negara, dan memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Namun banyak kendala untuk mewujudkan impian tersebut. Misalnya saja terbentur dengan kemampuan akademis, kemampuan financial, dan kendala lainnya yang menjadi hambatan untuk berkuliah keluar negeri. 

Untuk menyiasati masalah financial untuk biaya operasional kuliah di luar negeri bisa dicarikan solusinya dengan mendapatkan Scholarship ke Luar Negeri. Scholarship ke Luar Negeri banyak yang menawarkannya. Di Indonesia, kata scholarship sepadan dengan kata beasiswa. Program scholarship ini biasanya diperuntukan bagi para siswa SMU yang akan melanjutkan ke jenjang sarjana atau strata 1 (S1). Apabila dilihat dari pihak pemberinya, beasiswa ke luar negeri terdiri dari:

Private scholarship: yaitu beasiswa yang diberikan oleh perusahaan besar yang memberikan perhatian khusus kepada dunia pendidiakan. Biasanya, bidang studi yang ditawarkan adalah bidang studi yang berhubungan dengan bidang usaha yang digeluti perusahaan tersebut. Perusahaan yang berasal dari Indonesia atau luar negeri banyak yang menawarkan program ini.

Public or government scholarship Merupakan beasiswa yang diberikan oleh sebuah lembaga, badan, atau departemen pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat luas bukan hanya untuk karyawannya saja.

University scholarship yaitu beasiswa yang diberikan sebuah universitas kepada mahasiswa yang berprestasi. Jenis beasiswa ini bisa juga merupakan sebuah bantuan dana untuk melakukan suatu penelitian ilmiah.

Selain mengetahui sumber-sumber beasiswa yang dapat kita buru informasinya, kesiapan akademik terutama kemampuan berbahasa inggris yang diukur dari skor toefl juga perlu dipersiapkan secara matang. Misalnya saja dengan mengikuti pelatihan terlebih dahulu di edupac Indonesia.
Previous
Next Post »
0 Komentar