Perkembangan Janin Tiap Minggunya
Perkembangan Janin Tiap Minggunya
Perkembangan Janin Tiap Minggunya memang sangat penting untuk ibu ketahui. Supaya mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh janin dan ibu dalam waktu-waktu tersebut. Nah ada beberapa fase yang tentunya bisa Anda lihat mengenai perkembangan janin tersebut, diantaranya yaitu :
  1. Mulai dari bulan yang pertama yaitu untuk fase ini sperma membuahi ovum, kemudian membelah masuk di uterus dan selanjutnya menempel pada hari yang ke 11.
  2. Berikutnya yaitu Pada bagian tubuh embrio yang pertama yang muncul kemudian akan menjadi tulang belakang otak dan saraf pada tulang belakang. Disini untuk Jantung, sirkulasi darah serta pencernaan juga sudah terbentuk. Ini pada minggu ke 4.
  3. Kemudian setelah itu pada minggu yang ke 8 janin memiliki panjang sekitar 250 mm. Jantung pada saat ini mulai memompa darah.
  4. Masa berikutnya untuk denyut jantung sudah mulai terlihat pada USG. Mulai ada gerakan. Sudah ada pusat tulang, kuku, ginjal serta mulai memproduksi urin. Ini ada pada minggu ke 12.
  5. Setelah minggu ke 12 selanjutnya untuk sistem muskuloskeletal juga sudah matang, kemudian untuk sistem saraf juga sudah mulai melakukan kontrol. Pada masa ini pembuluh darah juga mulai berkembang cepat, lebih tepatnya ini pada minggu ke 16.
  6. Setelah itu kemudian pada minggu yang ke 20 ini tinggi rahim sudah setinggi pusat. Verniks juga melindungi tubuh. Lanugo juga menutupi tubuh serta menjaga minyak yang ada pada kulit.
  7. Perkembangan berikutnya yaitu pada minggu yang ke 24 untuk fase ini tinggi rahim sudah di atas pusat. Kerangka berkembang cepat. Selain itu juga berkembangnya sistem pernafasan.
  8. Berikutnya untuk panjang janin sekitar 35-38 cm dengan berat rahim 1000 gram. Masa ini Janin bisa bernafas, menelan dan juga mengatur suhu. Selain itu juga terbentuknya surfaktan yang ada di dalam paru-paru. Dalam masa ini mata juga mulai membuka dan menutup. Bentuk janin dua pertiga bentuk saat lahir, ini pada minggu yang ke 28.
Perkembangan Janin Tiap Minggunya memang semakin menunjukkan semakin sempurnanya janin, sampai minggu ke-40 atau bulan ke-10. Nah dari berbagai fase tersebut tentunya Anda akan mengetahui kebutuhan dari janin dan ibu.

Diberdayakan oleh Blogger.