Tahap Perkembangan Janin Pada Tiap Minggu Trimester ke Dua

perkembangan janin tiap minggunya

Setelah melewati trimester pertama tahap perkembangan janin tiap minggunya selanjutnya pada trimester ke dua. Pada tahap ini dimulai dari minggu ke 14 janin berada dalam kandungan ibu atau sekitar 3 bulan usia janin. Memasuki trimester kedua ini bukan berarti janin sudah sempurna dalam perkembangannya dan tidak akan mengalami yang namanya keguguran, karena resiko tersebut masih saja ada jika tidak hati-hati bagi ibu dalam menjaga kandungannya.

Untuk hal tersebut berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai tahap perkembangan janin tiap minggunya pada trimester ke dua.

Mingggu ke 14. Minggu awal trimester ke dua ini pad detak jantung bayi mulai menguat disertai dengan semakin panjang dan kuat pada bagian lehernya. Selain itu kelenjar prostat pada janin juga mulai berkembang terutama pada laki-laki, sedangkan pada perempuan ovarium mulai turun dari rongga perut janin ke bagian panggul.

Minggu ke 15-17. Pada minggu ini perkembangan tulang dan sumsum pada sistem kerangka sudah berkembang. Selanjutnya mennginjak minggu ke 16 tulang tersebut menjadi semakin menguat dan janinpun sudah bisa mendengarkan suara. Selain pertumbuhan lainnya yang juga muncul yaitu pada rambut, bulu mata, garis kulit pada ujung jari serta sidik jari juga mulai terbentuk.

Minggu ke 18-20. Untuk minggu ini bayi mata bayi mulai berkembang dengan dapat mengetahui cahaya yang ditempelkan pada perut ibu. Selain itu pada bagian otak bayi mengalami perkembangan jutaan sel saraf motorik sehingga janin bisa membuat gerakan yang sadar seperti menghisap jempol. Untuk selanjutnya pada minggu 20 (5 bulan) sudah mulai penyempurnaan pada paru-paru dan system pernafasan bayi.

Minggu ke 21-akhir trisemester dua. Perkembangan pancaindra janin mendekati akhir trimester dua mulai berkembang dengan baik setiap harinya. Meskipun begitu pada kulit bayi masih kendur karena produksi sel kulitnya lebih banyak dibandingkan lemak. Selain itu untuk pernafasan pada bayi sudah mulai bisa menerima oksigen meskipun menerima dari plasenta. pada minggu akhir trimester dua ini janin juga mulai cegukan ditambah dengan tulang bayi yang semakin mengeras dan kuat.

Previous
Next Post »