Cara Membentuk Karakter Anak

mendidik anak

Keluarga adalah harta yang paling penting dalam menjalani kehidupan di dunia. Membentuk suatu keluarga yang harmonis memang tidak segampang membalikan telapak tangan, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keharmonisan dan keutuhan keluarga. Dari sekian banyak faktor yang dapat terjadi, anak merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga keutuhan tersebut. 

Anak memang bukan vokal utama dalam membangun keluarga yang harmonis, akan tetapi tidak sedikit keharmonisan keluarga bisa tercoreng dengan prilaku seorang anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua sudah seharusnya mendidik anak untuk menjadi anak yang berbakti, bertanggung jawab, turut pada orang tua, dan bisa dibanggakan baik dalam kehidupan berkeluarga maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Akan tetapi hal itu memang sangat sulit dilakukan, apalagi ketidakmampuan dan kurangnya pehamanan terhadap cara mendidik anak supaya menjadi anak yang baik. Untuk anda yang masih bingung dengan cara mendidik seorang anak anak anda bisa menyimaknya di bawah ini :

  1. Pemberian Kasih Sayang
    Terkadang anak yang jauh dari kehidupan keluarga lebih cenderung melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai satu kesatuan anak dalam keuarga anak memerlukan perhatian yang membuat dia merasa nyaman berada dilingkungan keluarga. Kenyaman tersebut akan membantu mencegah anak terjun ke lingkungan luar, menghilangkan rasa takut untuk menjalani kehidupan sehari-hari, memendam segala persoalan sendiri. Dengan kedekatan dan pemberian kasih sayang akan membuat anak lebih berani menyampaikan segala persoalan yang terjadi di luar rumah.
  2. Memberikan Kepercayaan
    Pemberian kepercayaan disini bersangkutan dengan bagaimana dia bisa menjaga segala prilaku yang menyimpang, kepercayaan yang diberikan tidak semata-mata memberikan dia kebebasan untuk melakukan apa yang dia inginkan. Dengan kepercayaan tersebut akan membuat anak menjadi lebih bertanggung jawab.
  3. Tidak Selalu Menuruti Keinginannya
    Bukan berarti segala yang diminta oleh anak tersebut dilarang, disini anda juga harus bisa memiah dan memilih keinginan apa yang memang sangat diperlukan atau tidak. Kebiasaan tidak menuruti segala keinginannya akan menjadikan anak sadar bahwa segala sesuatu tidak harus dimiliki.
Previous
Next Post »
0 Komentar