Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia
Sebagai salah satu jenis cemilan tradisional Indonesia cenil bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk anda yang sedang mencari teman cemilan yang tepat. Untuk mendapatkannya sendiri anda bisa mudah mendapatkannya di berbagai pasar tradisional yang dijual dengan bebas. Selain itu kue ini juga memiliki harga yang terbilang sangat terjangkau sehingga tetap aman untuk dompet anda.

Selain mendapatkannya dengan membeli secara langsung anda juga bisa langsung membuatnya di rumah menggunakan bahan-bahan berkualitas. Salah satunya seperti menggunakan bahan gula pasir terbaik dari gulaku. Dengan butiran yang halus dari Gulaku dijamin membuat rasa cemilan tradisional Indonesia ini memiliki rasa manis yang pas dan pastinya disukai banyak orang. Untuk membuatnya sendiri di rumah berikut ini cara-caranya.
Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia

Bahan-bahan yang digunakan :
  • Tepung sagu 275 gram
  • Kelapa parut agar muda ½ butir
  • Gula pasir gulaku 100 gram
  • Garam ¼ sdt
  • Pewarna makanan ( hijau dan merah)
  • Air mendidih 100 ml
Untuk membuatnya pertama-tama campur satu sendok makan tepung sagu dengan 2 sdm air dingin sampai tercampur dengan rata, kemudian masukan campuran tersebut dalam air yang mendidih. Setelah itu angkat dari api kemudian aduk-aduk kembali sampai mengental dan campurkan juga dengan sisa tepung yang ada.

Aduk-aduk bahan tadi sampai mengental lalu bagi menjadi tiga bagian dan beri pewarna makanan sesuai dengan selera. Setelah semuanya diberi warna buat menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran yang cukup lalu rebus adonan dalam air mendidih. Jika adonan sudah mengapung lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu baru tiriskan dan gulingkan pada parutan kelapa yang sudah disiapkan dan terakhir taburi dengan gula pasir.

Sajian kue cenil yang warna-warni bisa dinikmati saat sore hari ditemani dengan segelas air teh atau bisa juga saat berkumpul bersama dengan keluarga untuk membuat suasana menjadi lebih ceria. Untuk warna-warnanya sendiri anda bisa memilihnya sesuai dengan selera masing-masing sehingga cemilan tradisional Indonesia ini menjadi lebih beragam.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.