cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Pada masa kehamilan usia 3 bulan lebih ini mulai masuk pada trimester 2 yaitu usia kandungan 1-3 bulan, yang mana usia kandungan menurut suatu cara menghitung usia kehamilan dalam minggu yang di jelaskan oleh beberapa ahli kandungan serta sumber pada berbagai informasi, bahwa perhitungan usia kehamilan harus dihitung menggunakan minggu.

Hal ini tentunya agar mudah mengetahui dan mengontrol perkembangan ibu hamil dan janin. Usia kandungan 3 bulan tentunya sudah masuk minggu ke-13 yang mana pada masa kehamilan ini sudah mulai banyak perubahan yang dialami, baik oleh ibu hamilnya, atau oleh janin dalam kandungannya. Oleh karena itu, bersama dunia mami kali ini kita kenali bagaimana perkembangannya pada usia kehamilan 3 bulan ini.


  • Perkembangan Janin Minggu ke-13

Perkembangan janin minggu ke – 13 adanya suatu perubahan pada Retina, kornea, iris atau selaput pelangi, serta lensa mata bayi sudah dapat berfungsi. Janin mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya. Tumbuh kembang janin didukung oleh plasenta, yang menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal makanan, pembuangan sisa metabolisme, serta menyaring zat-zat berbahaya. Kulit, otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya yang tepat. Pada usia kandungan minggu ini, janin telah mampu merasakan detak jantung ibunya serta bayi telah memiliki Panjang badan sekitar 7,5cm dengan trakea, paru-paru, perut, hati, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Selain itu juga, pada minggu ini jari tangan dan telapak kaki bayi dalam kandungan mulai terlihat.


  • Perkembangan Janin Minggu ke-14

Pada perkembangan bayi dalam kandungan usia 14 minggu ini mengalami perubahan pada bagian telinga janin yang menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala. Begitu juga pada bagian mata mengarah ke posisi sebenarnya. Leher pun terus memanjang sementara dagu tak lagi menyatu ke dada. Sedangkan alat-alat kelamin bagian luar juga berkembang lebih nyata, sehingga pada minggu ini organ atau jenis kelamin bayi sudah dapat di bedakan antara laki – laki atau perempuan. Selain itu juga denyut jantung janin berdetak kuat

Itulah perkembangan janin dalam kandungan usia 14 minggu sampai 14 minggu. Bersama dunia mami, kenali cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan berbagai metode yang dilakukan.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.