cara belajar membaca


Membaca merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Hal ini karena dengan membaca maka seseorang dapat belajar berbagai hal, seperti ibarat bahwa membaca adalah jendela dunia. Ada juga peribahasa yang menyebutkan bahwa buku gudangnya ilmu dan membaca merupakan kuncinya.

Walaupun sekarang ini buku sudah jarang digunakan dan banyak beralih ke teknologi, namun membaca tetap menjadi kuncinya. Tidak bisa membaca berarti tidak bisa mengetahui apa yang dimaksud dalam sebuah tulisan.

Karena itulah cara belajar membaca mesti diterapkan sejak usia dini, yang dimulai dari pengenalan huruf, mengeja, serta membaca pelan. Tidak perlu terburu-buru dalam mengajarkan membaca bagi anak, karena pikiran mereka masih tertuju dalam permainan dan hal menyenangkan sehingga akan cepat bosan bahkan menolak jika belajar membaca terkesan dipaksakan.

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang pandai dalam membaca, karena dengan begitu anak mereka akan lebih mudah untuk belajar dan cepat pintar. Namun dalam mengajari mereka untuk membaca, diperlukan proses dan metode yang disukai oleh anak. Adapun cara belajar membaca yang biasa digunakan oleh para orang tua yaitu :


  • Membaca sambil bernyanyi
    Bernyanyi adalah kegiatan yang paling disukai oleh anak, apalagi sambil diiringi dengan musik dan juga tarian tentunya mereka akan sangat senang sekali. Nah bagi anda para bunda, sebaiknya anda mencoba untuk menggunakan metode ini, dimana anda menyanyikan huruf A sampai Z dengan nyanyian. Adapun nyanyiannya sekarang ini mudah sekali ditemukan, anda tinggal mencari contoh nyanyiannya di internet.


  • Membaca dengan karpet huruf
    Media ini merupakan media yang cukup murah, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kebutuhan rumah tangga. Karpet plastic yang dihiasi dengan aneka warna-warni serta terdapat berbagau bentuk huruf. Anak akan sangat menyukainya dan akan sering dilihat olehnya, sehingga mereka akan terus membacanya secara berulang-ulang.


  • Membaca dengan media elektronik
    Sekarang ini ada banyak media elektronik baik itu smartphone, ipad, tablet, dan yang lainnya dengan kecanggihan dan bisa diisi dengan berbagai aplikasi menarik. Nah anda bisa mengintal aplikasi anak dan belajar anak dengan aneka pilihan menarik yang bisa anda sesuaikan.


Nah itulah tiga cara yang bisa anda lakukan untuk membimbing anak agar cepat dalam belajar membaca. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.