Permainan Olahraga Tradisional
Gobak sodor adalah permainan olahraga tradisional yang memiliki beberapa nama lain yaitu galasin atau galah asin. Permainan ini sebenarnya tidak murni sebagai permainan, karena dalam praktiknya memiliki gerakan – gerakan dan aktivitas semacam olahraga yang baik untuk tubuh. Permainan ini biasanya dilakukan oleh dua kelompok yang masing – masing berisikan 3-5 orang dalam satu tim. Gobak sodor ini memiliki peraturan dasar yang unik dan seru untuk dimainkan, yaitu mempertahankan garis pertahanan terakhir dengan cara menghadang lawan yang datang dan berusaha lari untuk meloloskan diri.

Tim yang berhasil meloloskan diri menembus garis pertahanan lawan pada permainan olahraga tradisional ini dianggap sebagai pemenangnya. Sedangkan, jika ada satu saja anggota tim yang tertangkap atau tersentuh oleh lawan maka akan timnya gugur dan bergantian untuk menjaga benteng. Bentuk benteng pada permainan ini hanya berupa tanah atau tempat yang dibagi menjadi enam bagian dengan tiga garis horizontal serta satu garis vertikal. Untuk menggarisnya, biasanya menggunakan kapur tulis untuk menggaris ubin.

Selain merupakan salah satu jenis permainan olahraga tradisional yang seru, gobak sodor juga merupakan jenis permainan yang mampu melatih si kecil untuk mengambil keputusan dengan cepat. Keputusan itu diambil pada saat dirinya bergerak serta harus mengatur supaya tidak dapat disentuh oleh lawan. Selain itu, tubuh si kecil akan terbiasa digunakan untuk melakukan gerakan – gerakan sehingga dipenuhi dengan otot yang terbentuk. Selain itu, tulangnya dapat tumbuh dengan padat dan juga kuat, sehingga dapat menyokong postur tubuhnya menjadi semakin lebih tegap. Gobak sodor juga mengajak si kecil untuk aktif dalam berkoordinasi dengan temannya untuk mencapai kemenangan.

Dengan demikian, anak – anak pun secara tidak langsung akan terlatih untuk melakukan kerjasama serta berkoordinasi dengan temannya. Karena, jika tidak mereka akan terkena lawan dan kalah. Pada dasarnya, permainan ini sebenarnya harus terus dilestarikan mengingat manfaatnya yang cukup baik sekali untuk si kecil. Baik itu untuk kebugaran mereka maupun untuk melatih otak mereka dalam mengambil keputusan yang cepat dan juga tepat. Alangkah baiknya setiap orang tua mengajarkan pada anaknya permainan dan mengajak teman – temannya.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.