Telur merupakan salah satu bahan makanan yang terkenal kaya akan protein. Rasa dari telur juga nikmat sehingga banyak disukai sebagai lauk sehari-hari. Telur biasa dimasak dengan cara digoreng, diceplok atau dibuat telur mata sapi hingga dibuat telur orak-arik. Telur juga umum dijadikan topping atau campuran dalam masakan lain, seperti nasi goreng telur atau nasi uduk dengan telur. Telur ayam kampung bahkan bisa dibuat jamu dengan cara dikonsumsi mentah atau setengah matang. Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari telur menjadikan resep resep makanan berbahan dasar telur banyak diminati, apalagi karena telur termasuk mudah untuk dimasak dan divariasikan menjadi beragam jenis menu masakan. 

Salah satu makanan berbahan dasar telur yang bisa kita praktekkan secara mudah adalah orak-arik telur. Bahan yang dibutuhkan antara lain adalah telur ayam sebanyak dua butir, wortel sebanyak dua buah yang diiris berbentuk korek api, buncis sebanyak seratus lima puluh gram yang diiris menyerong tipis, daun bawang sebanyak dua buah yang diiris menyerong tipis serta satu sendok teh kaldu bubuk. Bumbu halus yang diperlukan antara lain adalah bawang putih sebanyak tiga siung, merica bubuk sebanyak setengah sendok teh, bawang merah sebanyak empat siung yang diulek kasar serta garam secukupnya. 

Panaskan minyak dalam wajan dan kocok telur lalu buat menjadi telur orak-arik, kemudian sisihkan. Tumis semua bumbu halus hingga tercium bau harum. Masukkan potongan buncis serta wortel, masak sampai layu. Masukkan orak-arik telur yang telah dibuat sebelumnya lalu tambahkan kaldu bubuk, aduk hingga merata. Terakhir, masukkan irisan daun bawang. 

Masak sebentar dan tambahkan garam. Sajikan selagi hangat. Variasi masakan berbahan dasar telur yang lain dapat kita lihat di website NICI atau Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Selain resep resep makanan berbahan dasar telur, tersedia juga resep makanan dengan bahan dasar lain, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Terdapat pula aneka tips dalam mengolah bahan makanan. Dengan variasi menu yang beragam, kita tidak akan merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.
Diberdayakan oleh Blogger.