Sate Jeroan Ayam
Sate jeroan ayam sering kita temukan di berbagai penjual makanan di pinggir jalanan atau di restoran-restoran khusus. Jeroan ayam tidak semua orang menyukainya karena alasan tertentu, namun tidak sedikit juga yang menjadikan bahan makanan jeroan ayam ini menjadi makanan favorit mereka. salah satunya bisa dibuat sate, tumisan, atau di goreng. Namun, kali ini kita akan membuat menu masakan harian berbahan dasar jeroan ayan, seperti usus dan ati ampela. 

Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

Ati ampela secukupnya
10 tusuk sate
Kecap manis Indofood
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah paprika merah
1 buah paprika kuning
1 buah paprika hijau
4 batang daun bawang bagian batang putihnya
1 sdt meica
2 cm kunyit
2 sdm air perasan jeruk nipis
1 sdt garam
Air secukupnya
Margarin secukupnya

Bumbu kacang:

100 gr kacang tanah
2 buah cabe rawit
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 scahet Royco rasa ayam
Air matang secukupnya
(semua bahan di blander sampai halus)

Cara membuat:

Ati ampela yang sudah dibersihkan kemudian di cuci sampai bersih dengan air mengalir, kemudian rebus sampai matang. Jika sudah matang, potong-potong sesuai selera. Tambahkan perasan air jeruk nipis. Sisihkan.
Ulek bawang merah, bawang putih, kunyit dan tambahkan sedikit garam. Sisihkan.
Panaskan margarin, kemudian masukan bumbu yang sudah di ulek tadi, masukan ati ampela, usus dan tambahkan sedikit air, sedikit garam dan merica. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan.
Potong dadu paprika merah, paprika hijau, paprika kuning dan batang daun bawang.
Ambil tusuk sate, tusuk satu per satu, pertama paprika merah, ati ampela, paprika hijau tusuk kembali usus ayam, tusuk kembali paprika kuning dan ati ampela, di ujung tusuk sate tusukan batang daun bawang. Lakukan hal serupa sampai bahan habis.
Siapkan bara api, kemudian bakar diatasnya sambil di bolak-balik. Jika sudah matang, angkat dan siram dengan bubu kacang dan tambahkan kecap manis Indofood diatanya.
Sate jeroan ayam siap disajikan.

Itulah beberapa cara membuat sate jeroan ayam sebagai menu masakan harian yang lezat dan unik. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.