Tahukah Anda bahwa kota Garut adalah salah satu kota dengan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini bahkan tak jarang menjadi destinasi wisata pilihan di akhir tahun atau libur lebaran baik oleh wisatawan kota Bandung, Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Harus Anda ketahui pula bahwa kota ini mendapat julukan "Swiss Van Java", jadi sudah tentu akan banyak pula wisatawan dari negara asing yang datang ke Garut karena Pesona Garut yang luar biasa

Nah, disini saya akan sedikit memberikan Anda informasi seputar Daftar Tempat Wisata di Garut yang menjadi destinasi wisatawan setiap tahunya itu. Apakah diantara Anda ada yang tahu apa saja destinasi wisata tersebut ? Mari kita lihat jawabannya dibawah ini !


Sebagai warga asli Garut tentunya saya akan tahu apa sajakah tempat wisata di Garut tersebut, Namun saya juga mungkin tidak mengetahui untuk seleluruhan hanya sebagian besar yang saya tahu. Mungkin jika Anda ingin melaksanakan liburan, destinasi di bawah ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

1. Wisata Air Panas 

Wisata Air Panas 

Cipanas adalah nama daerah di Garut yang terkenal dengan pemandian air panas alaminya. Kawasan wisata air panas cipanas Garut adalah salah satu objek wisata air yang populer di Garut dikarenakan selalu ramai pengunjung dan terdapat berbagai fasilitas seperti hotel dan resort hingga taman air. Pemandian air panas di Cipanas Garut mengandung berbagai mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam perjalanan menuju lokasi pengunjung disajikan dengan pemandangan hamparan sawah dan Gunung Guntur yang indah. Lokasi wisata hanya berjarak 8 Km dari pusat kota Garut, dapat ditempuh dalam waktu 20 menit.

2. Situ & Candi Cangkuang

Situ Cangkuang Garut

Situ dan Candi Cangkuang merupakan Candi Hindu peninggalan kerajaan Sunda Galuh yang terdapat di pemukiman Adat Kampung Pulo dan terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil (situ), sehingga untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus menggunakan rakit. Situ Candi Cangkuang berlokasi di Desa Cangkuang, Kec. Leles Kabupaten Garut. Di Kawasan ini terdapat makam Embah Dalem Arief Muhamad dan sebuah museum yang dipergunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kebudayaan seperti al-qur'an dan naskah kuno. Candi Cangkuang dapat diakses dari alun-alun Kec. Leles dengan jarak tempuh sekitar 4 Km atau 18 Km dari pusat kota Garut dengan estimasi waktu sekitar 40 menit. 

3. Situ Bagendit 

Situ Bagendit Garut

Situ Bagendit adalah objek wisata danau yang berlokasi di Kec. Banyuresmi. Merupakan salah satu objek wisata populer di Garut dikarenakan selalu ramai dengan pengunjung dan terdapat berbagai sarana rekreasi seperti bermain rakit, sepeda air dan kereta api mini. Terdapat juga berbagai kios yang menjual jajanan kuliner serta menjual cinderamata dengan fasilitas dan area parkir yang luas. Dalam perjalanan menuju ke lokasi pengunjung disajikan dengan pemandangan hamparan sawah dan pertanian yang indah. Lokasi wisata berjarak 7 KM dari Kec. Banyuresmi atau 12 KM dari Pusat Kota Garut, dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. 

4. Desa Ciburial

Saung Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan desa wisata yang berlokasi di Desa Sukalaksana, Kec. Samarang, Kab. Garut.. Desa Ciburial menyuguhkan berbagai rekreasi edukasi dan outdoor untuk anak-anak dan dewasa seperti permainan tradisional dan modern bahkan festival seni & budaya Bebegig Wangi yang diadakan 1 tahun sekali. Adapun berbagai fasilitas yang sudah tersedia diantaranya : Saung budaya, ruang pertemuan dan penginapan. Lokasi wisata berjarak 23 KM dari pusat kota Garut. dapat ditempuh dalam waktu 50 menit. 

5. Lapangan Golf Ngamplang 

Lapangan Golf  Ngamplang

Lapangan golf ngamplang (Golf Course Flamboyan) merupakan objek wisata olahraga golf yang memiliki 9 lubang (hole), berlokasi di kec. Cilawu, Kab. Garut. Pada tahun 1920 di lokasi ini terdapat Sanatorium  Ngamplang yang berubah fungsi menjadi Green Hotel Ngamplang hingga sekarang. Pernah dikunjungi oleh aktor komedian Charlie Chaplin pada tahun 1927 dan 1935. Lokasi wisata berjarak 4 KM dari pusat kota Garut, dapat ditempuh dalam waktu 10 menit. 

6. Kawah Talaga Bodas 

Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas merupakan taman wisata alam yang terletak di Desa Sukamenak, Kec. Wanaraja Kab. Garut. Kawah belerang terbentuk menjadi sebuah danau dengan air berwarna putih kehijauan dan mempunyai latar perbukitan. Selain itu, pengunjung dapat menikmati kolam air panas alami yang tidak jauh dari lokasi kawah. Lokasi Talaga lumayan cukup jauh dari puat kota.

7. Kawah Darajat 

Kawah Darajat

Kawah Darajat merupakan objek wisata alam yang berlokasi di Desa Padaawas, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut. Objek wisata ini memiliki daya tarik berupa pegunungan dan perkebunan. Kawasan industri yang dijadikan sebagai PLTU. Terdapat fasilitas taman air, hotel dan resort, lokasi wisata berjarak 25 km dari pusat kota Garut, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.

8. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan terletak di Kec. Cisurupan Kab. Garut dengan ketinggian 2665 mdpl dengan gunung api tipe Strato A, gunung yang sejuk dengan sumber air yang melimpah, jalur pendakian sebagian besar adalah area kawah dan tebing. Asap belerang dan bunga edelweiss menjadi daya tarik tersendiri Gunung Papandayan. Areal camp terletak di Pondok Saladah dan Ghober Hut, selain itu terdapat daya tarik lain seperti Hutan Mati, Tegal Alun dan Tegal Panjang. Jalur pendakian melalui alun - alun Cisurupan, dengan akses angkutan kota trayek 08 (terminal Guntur - perempatan Maktal) lalu angkutan Elf (Perempatan Maktal - Alun-alun Cisurupan). 

9. Gunung Guntur

Gunung Guntur Garut

Gunung Guntur terletak di Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut dengan ketinggian 2.249 mdpl dengan type gunung api Stratovolcano yang sebagian besar merupakan area bebatuan sisa letusan tahun 1847, memiliki sumber air panas yang mengalir ke kawasan destinasi wisata cipanas dan sebelah selatan terdapat air terjun Curug Citiis. Jalur pendakian melalui Desa Tanjung Kidul, Dengan akses angkutan kota trayek 10 )terminal Guntur-Leles).

10.  Gunung Cikuray

Gunung Cikuray Garut

Gunung Cikuray terletak di daerah perkebunan teh Dayeuhmanggung Kec. Cilawu Kab. Garut dengan ketinggian 2821 mdpl dengan tipe gunung api Domant yang sebagian besar merupakan area hutan, Jalur pendakian melalui Desa Sukatani, dengan akses angkutan kota trayek 06 (terminal Guntur-Cilawu). 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.