Perhiasan Berlian Asli

Berniat membeli perhiasan berlian? Jangan dulu terburu-buru. Simak tips yang akan kami bagikan di sini. Tips yang akan kami berikan, bermanfaat untuk Anda. Tujuannya agar Anda tidak salah membeli perhiasan berlian asli, dengan yang palsu.

Kenapa harus tahu cara membedakannya? Karena, di pasaran ada banyak produk perhiasan berlian. Sebagian besar, bahkan merupakan jenis berlian yang tampak asli, namun ternyata palsu.

Pada dasarnya, membedakan keaslian berlian memerlukan trik khusus. Anda harus berpengalaman agar bisa membedakannya. Meski begitu, ternyata ada cara sederhana yang mudah bagi setiap orang. Ingin tahu apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Perhiasan Berlian Asli


1.      Berlian Tidak Bisa Tergores


Berlian adalah batu yang paling keras di muka bumi. Berlian tidak akan bisa tergores oleh apapun. Artinya, ketika Anda melihat ada goresan pada sebuah berlian, hal ini bisa mengindikasikan bahwa berlian tersebut palsu.

2.      Tidak Berembun


Embun pada berlian akan membuat berlian tersebut tampak kusam. Namun, jika berlian tersebut asli, maka tidak akan pernah berembun. Anda bisa cek dengan menghembuskan nafas. Jika berlian tersebut asli, embun dari nafas Anda akan segera hilang.

3.      Tidak Akan Terbakar


Jika berlian yang Anda miliki terbakar, cek bentuknya. Jika terjadi perubahan bentuk dan warna, maka dipastikan berlian tersebut palsu. Namun, jika berlian tersebut asli, maka tidak akan berubah bentuk ketika terbakar. Bahkan, akan tetap sama karena berlian tahan terhadap tekanan dan panas.

4.      Tenggelam di Dalam Air


Berlian palsu umumnya akan mengambang di atas permukaan air, atau berada di tengah air. Namun, tidak demikian halnya dengan berlian asli. Berlian asli akan tenggelam di dalam air. Anda bisa cek dengan cara memasukkan nya ke dalam gelas yang berisi air.

Cara Instan Mengecek Keaslian Berlian


Saat ini, pembeli dapat dengan mudah mengetahui keaslian berlian. Bahkan, caranya sangat instan dan cepat tanpa metode khusus dan rumit. Ada dua metode yang bisa Anda lakukan. Simak lebih detail nya di bawah ini:

1.      Cek Menggunakan Alat digital


Anda bisa meminta si penjual untuk mengecek keaslian berlian dengan menggunakan alat khusus. Alat berbentuk digital, biasanya sudah terdapat di setiap penjual perhiasan berlian. Alat ini, memungkinkan Anda untuk mengetahui keaslian berlian secara cepat dan juga instan.

2.      Melalui Sertifikat GIA


Anda juga bisa menanyakan keaslian dan kualitas berlian melalui sebuah sertifikat. Sertifikat GIA, akan menunjukkan keaslian berlian yang akan Anda beli. Anda bisa menanyakan terkait sertifikat ini kepada si penjual.

Tips Membeli Perhiasan Berlian


Selanjutnya, ketahui juga beberapa tips berikut ini sebelum Anda membeli berlian:

1. Pilihlah toko perhiasan terkemuka. Jika Anda membeli perhiasan berlian dari brand ternama, pastikan Anda membelinya di official store. Sehingga, berlian yang Anda beli akan terjamin kualitas dan keaslian nya.
2. Jika Anda membelinya secara online, pastikan Anda membeli di online store resmi.
3. Cobalah sebelum membeli. Pastikan ukurannya pas dan nyaman ketika digunakan.
4. Pilih material sesuai kebutuhan. Baik itu material emas kuning, emas putih, hingga platinum.

Demikian penjelasan seputar perhiasan berlian asli. Tertarik membelinya? Pastikan Anda menyimak tips di atas agar tidak salah menjatuhkan pilihan. Perhiasan dengan berlian asli, memiliki nilai investasi yang tinggi. Jadi, ketahui kualitasnya terlebih dahulu sebelum Anda membelinya, dengan tips yang telah kami bagikan di atas.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.