Sejatinya para orang tua selalu menginginkan anaknya berkembang dan tumbuh dengan baik dan juga bisa memperlihatkan hal-hal yang luar biasa dan bisa membanggakan orang tuanya. Dalam upaya mendapatkan kondisi anak yang bisa memperlihatkan kreativitasnya dan membanggakan orang tua maka orang tua harus melakukan pola asuh yang tepat terhadap anak sejak dini di mana ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sesuai dengan perkembangan psikologi anak itu sendiri ada banyak sekali pola asuh yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada anak dengan tujuan tertentu. 

Misalnya ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang sabar maka pola asuh yang tepat untuk dilakukan dan diperlihatkan kepada anak adalah dengan memberikan contoh orang tua terhadap nilai-nilai kesabaran dalam kehidupan misalnya ketika anak menginginkan sesuatu dan itu tidak mungkin didapatkan maka orang tua harus memperlihatkan keadaan yang bisa dimengerti oleh anak baik dengan memberikan pengarahan pengertian juga mengajaknya berbuat sesuatu yang lebih positif untuk mengobati rasa keinginannya tersebut sehingga kemudian anak akan mengerti dengan sendirinya sesuai dengan ke keadaan. 

Oleh karena itu maka perlu diperhatikan bagi orang tua yang sedang mengasuh anaknya sesuai dengan keinginan maka harus dengan tepat langkah-langkah yang dilakukannya. Dengan berbagai tipe pola asuh anak yang berbeda-beda ini akan menjadikan anak lebih baik dalam pertumbuhannya serta menjadikan pribadi anak sesuai dengan harapan.

Tak bisa dipungkiri bahwasannya ada saja keterbatasan orang tua ketika melakukan pengarahan kepada anak karena ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan anak mulai dari lingkungan, teman-temannya, serta media-media yang mudah dicerna oleh anak. Oleh karenanya ada baiknya sebagai orang tua membatasi faktor lain yang bisa memberikan dampak anak baik dari lingkungannya atau lah lain yang bisa mempengaruhi terhadap perkembangan anak, terutama dalam hal perkembangan kepribadian anak jangan salahkan siapa-siapa karena ini semua akan kembali lagi kepada orangtuanya.

Bagaimanapun anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik ini akan mengindikasikan kepada orang tuanya yang melakukan pengasuhan yang baik pula. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya memberikan pola asuh anak yang tepat dan sesuai dengan kondisi anak.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.