Image result for Keuntungan Gerbang Pembayaran Nasional Dalam Transaksi Non Tunai
Gerbang pembayaran nasional
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sebuah inovasi baru. Inovasi ini dibuat oleh Bank Indonesia. GPN sendiri merupakan sistem yang menyatukan kanal dan instrumen pembayaran secara nasional. GPN sendiri diterbitkan dalam sebuah kartu debit yang berlogo burung garuda, dengan warna khas, yaitu merah. Keuntungan dan Kelebihan Gerbang pembayaran nasional (GPN).

Adapun keuntungan dan kelebihan yang ditawarkannya adalah sebagai berikut:

1. Tingkat MDR Rendah Pada Setiap Transaksi.

Tidak banyak diketahui. Pada setiap transaksi non tunai, ternyata kita selalu dikenakan biaya atau charge, lho. Biaya ini dikenal dengan sebutan Merchant Discount Rate (MDR). Biaya yang dikenakan oleh card processor seperti Master Card dan Visa bisa mencapai 3%. Cukup besar bukan.
Nah, di sini lah GPN hadir untuk memangkas biaya MDR menjadi 1% saja. GPN adalah produk pemerintah untuk memberi keuntungan bagi masyarakat pada saat bertransaksi.
Related image
Gerbang pembayaran nasional
2. Keamanan Lebih Terjamin

GPN akan memberi jaminan keamanan yang lebih baik dalam bertransaksi. Dengan begitu, masyarakat akan lebih nyaman pada saat belanja. Hal ini dikarenakan, GPN dibangun di dalam negeri. Dengan begitu, seluruh transaksi masyarakat, tidak akan terlempar ke luar negeri. Dengan begitu, risiko penipuan atau pencurian rekening bisa diminimalisir.

3. Transaksi Non Tunai Lebih Mudah

Bagi Anda yang suka bertransaksi non tunai, GPN akan menjadi solusi terbaik bagi Anda. Terlebih, saat ini sudah banyak mesin EDC yang ada di meja kasir. Tapi sayangnya, tidak semua kasir melengkapi mesin EDC dari berbagai bank berbeda. Permasalahannya, EDC tidak bisa menerima transaksi non tunai dari bank lain.

Di sinilah GPN menjadi solusi bagi masyarakat. Nantinya, kita bisa bertransaksi di mesin EDC meskipun berbeda bank. Semua bisa melakukan transaksi selama memiliki logo GPN.

GPN tidak akan lami hadir ke tengah-tengah masyarakat. GPN Juga sudah siap digunakan untuk transaksi online. Layanan akan segera bisa diimplementasikan di berbagai website e-commerce Indonesia. Juga bisa dinikmati oleh payment gateway partners untuk mendukung pertumbuhan transaksi online.

Itulah penjelasan tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Untuk Anda yang suka belanja, kehadirannya pasti sudah sangat dinantikan.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.